The Hundertwasser House


Terletak di Darmstadt Waldspirale Darmstadt (Jerman), bangunan ini menjadi salah satu bangunan yang paling menarik dan paling orisinal di Dunia. Bangunan yang memiliki 105 unit perumahan di persimpangan Friedberger dan Budinger jalan di distrik taman umum. ini memiliki nama lain Hundertwasserhaus.

Friedensreich Hundertwasser
Hundertwasserhaus ternyata di rancang oleh salah satu artis ternama dari Wina, Austria yaitu Friedensreich Hundertwasser, pertengahan 1990-an. Pembangunan kembali lokasi rumah jagal kota bekas bangunan asosiasi Darmstadt Austria menjadikan salah satu apartemen unik dengan rancangan ulang sang artis. Pada Tahun 1998 arsitek jerman  Heinz M. Springmann mencoba men-implementasi-kan gagasan sang artis menjadi sebuah bangunan secara real dan selesai pada tahun 2000. Namun pada tahun ini lah 2 peristiwa sejarah bangunan ini terjadi, dimana pemilik ide bangunan, Friedensreich Hundertwasser tewas beberapa bulan sebelum apartemen unik nya tersewa di bulan mei.



The Hundertwasser House in Winter

Terletak di lereng pegunungan bentuk spiral bangunan ini menjadikan kaya akan sudut pandang yang sangat menarik. Di area sekitra bangunan, konsep hijau nampak sangat terlihat dan terasa nyaman dengan taman yang rimbun dan sungai buatan. Spot dari kejauhan, sangat terlihat gaya Hundertwasser begitu khas dengan kubah bawang emas dan façade berwarna-warni antara rumah-rumah di sekitarnya. Seperti bangunan lain yang dirancang oleh seniman Viennese. Pemandangan saat musim dingin pun sering menjadi ajang rekreasi penduduk sekitar untuk melihat karya fenomenal dari sang artis dan perancang sejarah tersebut.

The Hundertwasser House

Desain yang unik ternyata dari bangunan ini ternyata memiliki konsep yang unik juga terhadap elemen-elemen nya. Memiliki jendela 1000 menjadikan apartemen ini berbeda dari kebanyakan. Suasana nyaman dan asri nampak terlihat dari pohon yang tumbuh keluar dari jendela. Atap ditanam dengan kapur, beech dan pohon maple, mampu memberikan kesan sebuah oasis hijau di tengah-tengah lembah jalanan. Dua emas menara di sudut-sudut rumah bangunan tersebut memiliki restoran, bar koktail dan kafe. Hundertwasser menyadari lagi dengan bentuk, ruang dan penanaman rumah idenya hidup organik dan manusiawi namun tetap memiliki karya seni yang tidak bertentangan dengan lingkungan. Kiranya hal ini dapat menjadi inspirasi bagi para arsitek dan developer dalam membangun sebuah bangunan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat banyak namun tetap mementingkan peran dari lingkungan di sekitarnya.

Apartemen unik bagian 2 

Post a Comment

 
Top