FAQ Apartemen : Green Pramuka = Strata Title?

FAQ Apartemen : Green Pramuka = Strata Title? | Green Pramuka
Apakah Pengertian Strata Title ? 
Untuk Negara kita (Indonesia) tidak dikenal adanya penggunaan istilah strata title, karena strata title memang tidak terdapat didalam Kamus Kepustakaan Hukum Indonesi. Lain hal nya pada Negara Singapore dan Australia, istilah ini memungkinkan kepemilikan bersama terhadap bagunan horizontal di samping kepemilikan secara vertikal. Indonesia sendiri berdasarkan susunan bahasa menjadikan satu istilah baik itu condominium, flat, apartemen kedalam satu susunan bahasa yaitu rumah susun. 

Apakah semua bangunan vertikal kepemilikannya berstatus strata title? 
Konsepsi strata title didasari atas kebutuhan akan hidup bersama didalam suatu kompleks gedung -dalah ha ini- bangunan bertingkat. Konsepsi kepemilikan properti -sebelum berlakunya UU SARUSUN- hanyalah atas tanah (HGB, HM atau HGU). Undang-Undang No. 16 Tahun 1985 Tentang Rumah Susun.
Apakah yang menjadi bukti kepemilikan Strata Title? 
Badan Pertanahan Nasional (BPN) secara resmi mengeluarkan sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun dengan dasar Hukum Strata Title. Sertifikat ini memberi keterangan tentang Letak, Luas dan Jenis Hak Tanah (bersama) serta informasi akan gambar denah dan pertelaan..

Apakah Strata Title memiliki masa berlaku? 
Hak akan rumah susun sebenarnya tidak perlu di batasi jangka waktu nya karna secara alamiah akan tidak layak huni lagi, tetapi tanah yang dijadikan landasan bagungan tersebut berdiri tetap tunduk pada UU agraria sehingga di batasi jangka waktu nya, namun tetap dapat di perpanjang.

Jika terjadi bencana, misalkan bangunan runtuh sedangkan developer tidak mengasuransikan dan tidak mampu membangun kembali, apakah hak milik akan secara otomatis hilang dan siapa yang berhak atas tanah landasan bangunan? 
Dalam hal ini semua kembali kepada konsepsi Strata Title dan asas jual beli secara perdata, sekali hak Strata Title beralih maka resiko atas kepemilikan unit Strata Title pun beralih dari developer kepada pemilik unit. Sedangkan hak atas tanah dan sisa bangunan (puing gedung yang runtuh) masih menjadi hak pemegang Strata Title secara Prorata.

Memilih apartemen merupakan hal yang tidak mudah namun tidak juga susah, selain nilai tambah yang dihasilkan serta kenyamanan dari yang ditawarkan, penting bagi customer memperhatikan status hukum dari apartemen yang akan kita beli, sebagai bentuk kejelasan dan legalitas yang nantinya pasti di butuhkan, seperti yang di jelaskan dalam FAQ Apartemen : Green Pramuka = Strata Title?

Judul: FAQ Apartemen : Green Pramuka = Strata Title?
Rating: 100%based on 99998 ratings.5 user reviews.
Ditulis Oleh dee ka
Apartemen Terpadu dan Terbaik versi Pemprov Dki, The Green Pramuka Apartement